10 Surga Tersembunyi Di Kabupaten Labuhanbatu Utara Yang Wajib Kamu Kunjungi

LABURA.NET – Labuhanbatu Utara adalah Kabupaten hasil pemekaran yang masih tergolong baru guys, lebih kurang usiianya sudah 8 tahun sejak pemekaran tanggal 21 Juli 2008. Dulu, daerah ini masuk kedalam pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu sebelum akhir nya di mekarkan menjadi 3 daerah oleh Pemerintah. Kini, Labuhanbatu terbagi menjadi Labuhanbatu Induk, Labuhanbatu Selatan dan Labuhanbatu Utara.

Labura, begitu nama‘beken’ Kabupaten Labuhanbatu Utara. Mungkin karena begitu panjang nya nama daerah ini akhirnya warga setempat menyingkatnya menjadi Labura. Kabupaten Labura berada di Provinsi Sumatera Utara dan berjarak sekitar 250 kilometer dari Ibukota Provinsi Sumatera Utara yaitu Medan.

FYI, Labura menyimpan begitu banyak potensi yang luar biasa lohguys, untuk bidang pertanian misalnya, Labura merupakan salah satu Kabupaten penyuplai beras untuk wilayah Sumatera Utara, kalau kamu mampir ke supermarket di berbagai daerah di Sumatera Utara, kamu bakal nemuin beras hasil produksi dari daerah ini.

Selain itu, Kabupaten Labura juga dikenal sebagai salah satu penghasil sawit dan karet yang cukup besar. Gak cuma ituguys, disini juga tersimpan begitu banyak kekayaan alam yang tersembunyi dan masih tergolong ‘perawan’ guys. Jika dikelola dengan baik, bisa jadi daerah ini menjadi salah satu destinasi wisata alam yang menjanjikan di negeri ini.

Buat kamu yang suka travelling ke tempat yang seger – seger, TempatAsik.Com akan mengulas beberapa informasi terkait wisata alam Labura yang tersembunyi, cekidot!!

1. Londut Waterfall (Air Terjun Londut)

Air Terjun Londut – Foto diambil dari Laburaku

Air terjun Londut berada di Desa Londut kecamatan Kualuh Hulu. Air terjun ini sudah menjadi primadona warga sekitar sejak lama. Keindahan alamnya yang asri membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini untuk menghilangkan penat.

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, cobain deh!!

2. Padang Halaban View
padang halaban labura
Padang Halaban View – Foto diambil dari Laburaku

Kita sebut saja Padang Halaban View, sebab di desa ini terdapat satu titik yang bisa membuat kamu takjub. Di sisi kiri dan kanan tempat ini terdapat pohon besar yang sudah berumur ratusan tahun. Selain itu terdapat juga rel tua yang sudah gak berfungsi semestinya lagi, saat ini rel tersebut hanya penghias daerah ini dan hanya dipergunakan oleh perusahaan setempat.

Banyak muda mudi, calon pengantin yang melakukan foto shoot ini, baik itu sekedar untuk eksis maupun keperluan lainnya.

3. Bermain Di Bukit Pamingke

Bukit Pamingke – Foto by @aman_sang_p0han diambil dari Laburaku

Bukit pamingke atau orang setempat lebih mengenal lokasi ini dengan sebutan bukit Telekom. Sebab disini ada satu tiang telekomunikasi yang berdiri kokoh menjulang tinggi. Lokasi ini telah banyak dikunjungi oleh muda mudi sejak dulu. Karena ketika kamu berada di puncak, kamu akan melihat keindahan Alam ciptaan sang Khaliq yang luar biasa.

4. Pulo Bisky, Tempat Wisata Alam Keluarga

Pulo Bisky – Foto diambil dari Laburaku

Pulo Bisky atau Pulo Wisky merupakan pemandian alam yang cukup tersohor ditahun 1990an. Banyak masyarakat yang berwisata ke tempat ini, baik itu acara perpisahan sekolah, acara keluarga dan aacra lainnya.

Air nya yang jernih, bebatuan yang besar dan udaranya yang masih segar menjadi salah satu alasan kenapa orang – orang tertarik berkunjung kesini. Lokasi ini berada di Desa Simonis Kecamatan Aek Natas. Kalau mampir kesini jangan lupa bawa perbekalan yah guys, di tempat ini sangat asik buat makan – makan. Hehehe

5. Rindu Alam Aek Buru

Rindu Alam Aek Buru – Foto by @irsadamsali24 diambil dari Laburaku

Aek Buru sejak dulu memang sudah terkenal dengan lokasi wisata alamnya, sungai – sungai dengan bebatuan besar dan diselimuti alam liar membuat wisata disini menjadi lebih nikmat dan segar. Salah satu wisata favorit masyarakat setempat didaerah ini adalah Rindu Alam Aek Buru. Tempat ini lebih dekat jika kamu datang dari Kota Rantau Prapat. Jika kamutraveller dari luar kota, dari Medan misalnya, kamu bisa naik kereta api dan berhenti di stasiun Rantau Prapat, dari sana kamu bisa menggunakan angkutan umum atau becak menuju lokasi ini

6. Pantai Monyet, Menyajikan Keindahan Alam Luar Biasa

Pantai Monyet – Foto by faizalamandanasution via Laburaku

Ketika kamu mendengar kata pantai, pikiran liar mu bakal menuju kesebuah tempat dimana terdapat hamparan pasir putih dan ombak laut yang hilir mudik. Yah, memang begitulah pantai pada umumnya guys. Tapi ada sedikit perbedaan nih dengan beberapa tempat, salah satunya di Labura, tidak semua pantai itu adalah pinggiran laut, sungai – sungai indah ini pun sebagian disebut juga pantai oleh warga setempat. Sama – sama air, bedanya satu di pinggiran samudra, yang satunya lagi di tengah – tengah hutan. Hehe

Pantai monyet ini terletak di Desa Padang Mahondang Labura. Kamu wajib mengeksplore wisata alam yang satu ini ketika berada di kabupaten ini.

7. Wisata Salak Pondoh

Kebun Salak Pondoh – Foto by Mirawati Pasaribu diambil dari Laburaku

Kalau bicara mengenai salak pondoh, kamu pasti inget nya Desa Turi yang berada di Sleman Yogyakarta kan guys. Ternyata, salak pondoh juga dibudidayakan oleh petani di Kabupaten Labuhanbatu Utara.

Sama halnya dengan salak pondoh Jogja, disini kamu juga bisa merasakan sensai panen salak bak petani sungguhan loh guys. So, buat kamu yang pengen nyobain panen sendiri salak pondohnya, bisa langsung datang ke tempat ini. Lokasi perkebunan salak ini berada di Desa Babussalam Kecamatan Merbau Labura.

8. Air Terjun Jeri

Air Terjun Jeri – Foto by @rajuritonga diambil dari Laburaku

Air terjun indah ini merupakan destinasi wisata yang layak kamu kunjungi ketika berada di Labura. Air terjun ini berada Pasar Lori, Berangir Labura. Kamu bisa menikmati kesegaran gemercik air dengan gratis disini. Trust Me!

9. Hadabuan Hill, Surga Yang Tersembunyi

Hadabuan Hill – Foto by Haray Sam Munthe diambil dari Laburaku

Hadabuan Hill berada di Kecamatan Na IX-X Labura, tempat ini merupakan surga nya para pecinta alam. Hadabuan Hill sangat berpotensi bila dijadikan Hutan Ecotourism guys, yaitu wisata berbasis pelestarian hutan.

Lokasi ini terdapat begitu banyak flora dan fauna langka, namun kini terancam punah disebabkan pengalihan fungsi hutan dan pembalakan liar. Kalau traveller ingin mencoba tracking yang tergolong baru, HadabuanHill merupakan tempat yang cocok untuk dimasukkan kedalamlist wisata kamu berikutnya.

10. Kuala Hatapang, Karya ALam Menakjubkan!

Kuala Hatapang – Foto by @alwirambe diambil dari Laburaku

Kuala Hatapang adalah sungai yang masih se aliran dengan Pantai Monyet. Kelebihan dari lokasi ini adalah tebing – tebing nya yang sangat indah bak ukiran manusia purba kala. Hehe .selain itu deruan air yang cukup deras dan segar akan memanjakan kamu ketika berada disini.

Share WhatsApp

0Shares

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *