Berkas Tersangka Kasus Jiwasraya Dilimpahkan ke Penuntut Umum

LABURA.NET – Berkas perkara tahap pertama tiga tersangka tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya, dilimpahkan ke penuntut umum pada Direktorat Penuntutan Jampidsus Kejaksaan Agung RI untuk dilakukan penelitian kelengkapan berkas baik formil maupun materiil, Rabu (11/3/2020).

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI Hari Setiyono kepada awak media, Kamis (12/3/2020).

Dijelaskan, berkas perkara tahap pertama tiga tersangka yang dilimpahkan ke penuntut umum yakni tersangka HR, HP, dan SY.

Sementara itu, Tim Jaksa Penyidik pada Jampidsus Kejagung RI kembali melakukan pemeriksaan terhadap 19 orang saksi untuk dimintai keterangan terkait dugaan perkara tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana investasi pada PT Asuransi Jiwasraya, Kamis (12/3/2020).

Pemeriksaan saksi hari ini masih sebagian besar diisi oleh para pemilik SID baik pribadi maupun korporasi yang keberatan dan telah diklarifikasi maupun verifikasi kemudian tim penyidik memandang perlu keterangannya sebagai saksi oleh karena itu kemudian dipanggil untuk diminta keterangannya sebagai saksi.

Saksi yang diperiksa hari ini yakni, Messalina Affiat, Janny Tanjung (Direktur PT Harita Kencana Sekuritas), Subarno (Direktur Reksadana InsightGrowth Balance Fun/I-Growth), Boma Wykan Adikusuma, Kurniadi Pramita Abadi, Edy Sarwanto (Dirut PT Astro Media Indonesia), Hasanudin (Direktur PT Mahlota Propertin Indo), Budi Puirwanto (Direktur PT Anugrah Semesta Investama), Christofer Ben Farmer (Direktur PT Batu Tua Waykanan), dan R Prakoso.

Kemudian, Mursid (Direktur PT Indo Kapital Solusi), Leonard Hartana, Eli Wijanti SH MH (Head of Corporate Relationship Region 6 PT Asuransi Jiwasraya), Dwiyanto Wicaksono (Bancassurance Relationship Manager PT Asuransi Jiwasraya), Hence Gunawan Kosasih, Hendra Haryanto, Imelda Nina Soetikno, Meitawati Edianningsih SH (Institutiobnal Equity Sales PT Trimegah Securitas), dan Dudy Subardjo.

Dari 19 orang saksi yang sudah diperiksa pada hari ini dapat dikategorikan menjadi beberapa kelompok saksi antara lain, 17 orang saksi pemilik SID (baik pribadi maupun korporasi) yang terafiliasi dalam proses transaksi saham, dimana pada awalnya para saksi yang keberatan diklarifikasi dan diverifikasi, namun karena dipandang perlu keterangannya untuk pembuktian pasal sangkaan hingga kemudian diperiksa sebagai saksi, dan dua orang saksi dari manajemen PT Asuransi Jiwasraya, ungkap Kapuspenkum.
(Indomedia.co/Suwardi Sinaga)

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *