[HOAX] Tenaga Medis China Didatangkan Untuk Membantu Menangani Covid-19 di Indonesia

Bukan tenaga medis dari China. orang-orang yang memakai APD lengkap itu adalah warga tiongkok yang ingin berangkat ke China mengunakan maskapai Kamboja yang dicharter, lantaran penerbangan dari dan ke tanah daratan China masih ditutup.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]:

http://archive.fo/dQOuN


======

[NARASI]:

“Tim medis China diterbangkan ke Indonesia untuk membantu penanganan Virus Corona.
mungkin saja pengalaman mereka menangani corona bisa bermanfaat.
asalkan tdk membawa virus lagi aja.

Kalo CEBONG ada yg kenak CORONA yg gak mau di sembuhkan di suntik mati aja itu.”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun twitter bernama @ANDINI_MAHARAN1 mengunggah sebuah video yang diklaim merupakan tenaga medis asal China yang didatangkan untuk membantu menangani pasien Virus Covid-19 di Indonesia.

Dalam video tersebut terlihat orang-orang yang berpakaian APD lengkap di terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Setelah ditelusuri, dari pengamatan video itu, mereka mengantre di gate Keberangkatan Internasional Terminal 3, bukan di Kedatangan Internasional.

“Benar, mereka bukan tiba di sini, tapi mereka akan berangkat ke Cina. Jumlahnya sekitar 124 orang,” ungkap Febri Toga Simatupang, Senior Manager Branch Communication and Legal PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Soekarno Hatta, saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

Kepala Sub Bagian Humas Direktorat Jenderal Imigrasi Kementrian hukum dan Ham, Achmad Nur Shaleh juga turut membantah kabar yang beredar terkait kedatangan tim medis dari China ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.

“Jadi itu area keberagkatan yang difoto. Bukan area kedatangan dan diambilnya waktu pemulangan WN RRT,” ujar Nur Shaleh dalam keteragan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis, 26/03/20.

Lantaran penerbangan dari dan ke tanah daratan China masih ditutup, ratusan penumpang tersebut mencharter pesawat. Mereka menumpang maskapai asal Kamboja, kemudian akan transit di negara tersebut untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke China.

Penerbangan pun terjadi pada sore tadi. Sekitar pukul 17.00 WIB, pesawat take off membawa ratusan penumpang sewaan tersebut menuju negara tujuan.

Lalu, soal mayoritas penumpangnya yang mengenakan baju APD lengkap, ternyata tetap harus dibuka pada saat pemeriksaan X-Ray keberangkatan.

Achmad Nur Saleh menjelaskan bahwa Warga Negara RRT tersebut dievakuasi kembali ke negaranya menggunakan pesawat carteran cambodia airlines (KR3708). “Untuk proses evakuasi WN RRT,” kata dia.

Orang yang terdaftar dalam manifestasi penerbangan pesawat carteran cambodia airlines (KR3708) adalah kru pesawat sebanyak 7 orang terdiri atas 1 WNI dan 6 WNA (1 Korea Selatan, 3 Kamboja, 2 Filipina). Jumlah penumpang sebanyak 126 Warga Negara RRT.

======

REFERENSI:

https://m.liputan6.com/amp/4212239/viral-ratusan-wna-china-berpakaian-apd-lengkap-di-bandara-soetta-bagaimana-faktanya

https://nasional.kompas.com/read/2020/03/27/10011521/beredar-video-tim-medis-china-tiba-di-indonesia-ini-penjelasan-imigrasi

https://www.antaranews.com/berita/1383918/imigrasi-bantah-kabar-tim-medis-dari-china-telah-datang-ke-indonesia

https://www.inews.id/news/nasional/viral-tim-medis-china-ke-indonesia-imigrasi-itu-pemulangan-warga

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *