Lampaui China, Italia Cetak Rekor Kematian Tertinggi Akibat Virus Corona

LABURA.NET – Italia mencetak rekor jumlah kematian tertinggi akibat virus Corona Covid-19 pada Jumat (20/3/2020). Dilansir laman Worldmeters.info, tital sudah ada 3.405 kematian yang tercacat.

Jumlah ini melampaui China, daerah pertama yang terdampak virus Corona Covid-19, yang mencatat 3.248 kematian. Meski begitu, China masih menjadi yang teratas dalam jumlah kasus positif terbanyak, yakni 80.967 orang.

Dilansir VOA Indonesia, talia mencapai tonggak mengerikan sementara pusat pandemi, Wuhan, di China pada hari yang sama tidak mencatat kasus penularan baru.

Sistem layanan kesehatan Italia kewalahan menangani virus. Kamis (19/3), tim kunjungan Palang Merah China mengecam kegagalan warga Italia melakukan karantina sepenuhnya dan penutupan wilayah secara nasional dengan serius.

Bagi kebanyakan orang, virus baru corona hanya menyebabkan gejala ringan atau sedang, seperti demam dan batuk. Namun, virus itu bisa berakibat fatal bagi orang tua yang sebelumnya mempunyai masalah kesehatan.

Sedangkan di Indonesia, angka kasus positif Covid-19 tercatat 308 kasus, dengan tambahan kasus baru per hari mencapai 81. Sedangkan ada 25 orang yang meregang nyawa karena Covid-19. Tercatat juga 15 orang sudah dinyatakan negatif dan dinyatakan sembuh.

Sebaran data virus Corona Covid-19 melalui laman worldmeters.info pada Jumat (20/3/2020). (Dok. Worldmeters.info)

Angka kasus tertinggi Covid-19 di Indonesia ada di DKI Jakarta, dengan total 210 kasus, 17 orang meninggal, dan 15 orang dinyatakan sembuh. Kasus tertinggi kedua yakni Banten, total kasus 27. Disusul Jawa Barat 26 kasus positif, lalu Jawa Tengah 12 orang positif.

Kabar yang cukup menghebohkan lainnya ialah, setelah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dinyatakan positif Covid-19. Kini Walikota Bogor Bima Arya jadi pejabat kedua di Indonesia yang terpublikasi kasus positif Covid-19.

Di sisi lain, Indonesia terus meningkatkan upaya pencarian atau tracing kasus dengan menambah sejumlah laboratorium dan bekerjasama dengan pihak swasta. Ada 12 laboratorium untuk pemeriksaan spesimen.

Sedangkan kabar baiknya, disebut-sebut Indonesia sedang mempersiapkan rumah sakit khusus Covid-19 seperti Wuhan, China. Ada 3 rumah sakit swasta yang sudah mendedikasikan diri, dimana siap untuk merawat pasien terkait Covid-19, dan menjadi RS khusus Covid-19. Rumah sakit itu adalah RS Siloam Kelapa Dua, RS Mitra Keluarga Jati Asih, dan RS Hermina Karawang. (M.Reza Sulaiman/suara.com)

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *