[SALAH] Video “Sekor burung gergasi berbentuk manusia telah muncul di puncak bangunan Vatikan, Roma”

Video suntingan / editan. Lokasi perekaman video juga BUKAN di Vatikan, Roma, melainkan di Kota Granada, Nikaragua. Video ini adalah video fiksi hasil CGI atau pencitraan yang dihasilkan komputer yang dibuat oleh JJPD Producciones dan diunggah di kanal Youtube mereka pada 2 Juni 2019.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI
=============================================
Kategori : Konten yang Dimanipulasi
=============================================

Akun Twitter Fazial Assegaf (twitter.com/faizalassegaf) mengunggah sebuah video dengan narasi :

“Sekor burung gergasi berbentuk manusia, telah muncul di puncak bangunan Vatikan Roma, dia berdiri di atas Salib dan menghilangkan diri. Kalau benar kejadian tsb, pertanda apa ini..? Atau Hoaks…??? #PapuaLawanCorona#IndonesiaMenujuKaram ???”

Sumber : https://perma.cc/98K7-9F5G (Arsip)

=============================================

PENJELASAN

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim bahwa video itu adalah penampakan seekor burung gergasi berbentuk manusia yang muncul di puncak bangunan di Vatikan, Roma adalah klaim yang salah.

Video ini adalah video fiksi hasil CGI atau pencitraan yang dihasilkan komputer yang dibuat oleh JJPD Producciones dan diunggah di kanal Youtube mereka pada 2 Juni 2019. Lokasi perekaman video juga bukan di Vatikan, Roma, melainkan di Kota Granada, Nikaragua

Pada kolom deskripsi video yang diberi judul “Demonio Aterroriza en Ciudad de Granada – Nicaragua 2019 – Gargola?” atau yang jika diterjemahkan : “Setan Mengerikan di Kota Granada – Nikaragua 2019 – Gargola?” ini, JJPD Producciones menulis:

“Estos son videos paranormales creados por nosotros para entretener.
Todas las imágenes mostradas son de ficción.
Vídeo CGI ( Imagen Generada Por Computadora)”

atau yang jika diterjemahkan:

“Ini adalah video paranormal yang kami buat untuk menghibur.
Semua gambar yang ditampilkan adalah fiksi.
Video CGI (Gambar Buatan Komputer)”

Di bagian “About” kanal mereka, JJPD Producciones menuliskan bahwa mereka adalah dua bersaudara kreator Youtube Nikaragua yang membuat video dengan efek khusus, video pertemuan paranormal, film pendek fiksi, Horror Tales dan banyak lagi.

Computer-Generated Imagery (CGI; bahasa Indonesia: “pencitraan yang dihasilkan komputer”) adalah penggunaan grafik komputer (atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D) dalam efek spesial. CGI digunakan dalam film, acara televisi dan iklan, dan juga media cetak.

Granada merupakan sebuah kota di Nikaragua, negara yang berbentuk republik di Amerika Tengah yang berbatasan dengan Honduras di sebelah utara, Kosta Rika di selatan, Samudera Pasifik di barat, dan Laut Karibia di timur.

Sementara itu, Gargola atau Gargoyle adalah istilah yang berasal dari kata Perancis Lama “gargouille” dan kata Latin “gurgulio.” Gargoyle berwujud makhluk jelek dari batu yang biasa terdapat pada puncak gereja Eropa dari abad pertengahan.

Karena itu, sebagian ahli berpendapat gargoyle digunakan sebagai pengingat visual dari bahaya kejahatan yang perlu diwaspadai. Sebagian lain berpendapat bahwa gargoyle digunakan untuk menangkal kejahatan.

Gargoyle dimaksudkan untuk menakut-nakuti roh jahat yang datang, atau dimaksudkan untuk menunjukkan iblis yang lewat bahwa roh-roh jahat sudah bekerja di sana sehingga tidak perlu bagi iblis untuk masuk.

Pendapat lain menyatakan bahwa gargoyle ditempatkan pada bangunan gereja hanya untuk menunjukkan keseimbangan antara keburukan dan keindahan.

Menarik untuk dicatat bahwa sementara gargoyle kebanyakan digambarkan sebagai makhluk menakutkan terutama sebelum abad ke-15, sebagian yang lain hanya berupa ekspresi berlebihan atas wajah atau suatu pose.

REFERENSI
https://www.youtube.com/watch?v=ruX3F7KDEWA
https://www.youtube.com/user/JJPDProducciones1/about
https://id.wikipedia.org/wiki/Granada,_Nikaragua
https://id.wikipedia.org/wiki/Pencitraan_hasil_komputer
https://www.amazine.co/22417/gargoyle-patung-makhluk-aneh-dari-gereja-abad-pertengahan/

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *