10 Cara Agar Terhindar Dari Penularan Virus Corona

LABURA.NET – Virus corona masih terus meneror dunia. Tak terkecuali Indonesia. Upaya menekan penyebaran virus corona juga masih terus dilakukan, baik oleh WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) ataupun pemerintah tiap negara.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan telah menginisiasi sejumlah cara tangkal virus corona. Berbagai cara tangkal virus corona ini menjadi pengetahuan yang sangat penting di kondisi seperti ini. Tidak hanya itu, Kementerian Kesehatan juga mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang.

Lantas apa saja cara tangkal virus corona Covid-19? Simak ulasan informasi berikut ini.

Menjaga Imunitas Tubuh

Cara tangkal virus corona yang paling penting adalah menjaga sistem imunitas tubuh. Sebab, seseorang dengan imunitas tubuh rendah akan sangat mudah terinfeksi jika berada di suatu tempat berkembangnya wabah. Tidak hanya itu, seseorang dengan imunitas tubuh rendah cenderung menjadi orang pertama yang terjangkit.

Maka dari itu, mulailah mengonsumsi makanan tinggi gizi guna menjaga tubuh terjangkit virus. Selain itu, dianjurkan juga untuk memperbanyak konsumsi air putih serta biasakan olahraga. Tidak ada salahnya juga, untuk tetap mengonsumsi vitamin yang bagus kesehatan tubuh.

Rajin Cuci Tangan

Rajin cuci tangan juga menjadi kunci cara tangkal virus corona. Perlu diingat, mencuci tangan hingga bersih mampu menghilangkan dan membunuh kuman bakteri yang menempel di tangan. Akan tetapi, jauh lebih efektif jika mencuci tangan menggunakan sabun.

ilustrasi cuci tangan

Langkah ini juga menjadi salah satu tindakan yang mudah dilakukan dan murah. Tahukah kalian, sekitar 98% penyebaran penyakit berasal dari tangan. Maka dari itu, penting bagi setiap orang untuk menjaga kebersihan tangan dengan sering mencuci tangan.

Etika Bersin

Salah satu penyebaran virus corona yaitu melalui droplet (percikan kelenjar liur). Percikan tersebut akan keluar saat seseorang batuk ataupun bersin. Cara tangkal virus corona yang satu ini tidak hanya bisa melindungi diri sendiri namun juga orang lain dan benda-benda di sekitar kalian.

Untuk itu, saat bersin dan batuk seseorang harus menutup mulutnya dengan tangan. Akan lebih baik lagi menggunakan tisu sebagai media menutup mulut. Setelahnya, jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Agar virus tidak menempel di tangan.

Jaga Jarak

Cara tangkal virus corona lainnya yaitu menjaga jarak sosial. Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan jika tidak ingin terinfeksi Covid-19. Pemerintah bahkan telah melakukan kampanye jaga jarak fisik (physical distancing) sejak awal virus corona masuk ke Indonesia.

toko kreatif berdayakan jaga jarak aman bagi pengunjung

Dengan melakukannya, itu berarti kalian sudah satu langkah mencegah penularan virus corona. Paling tidak jagalah jarak kalian dengan orang lain sekitar 1-1,5 meter. Tidak hanya di tempat umum, jaga jarak fisik juga bisa diterapkan di rumah.

Jangan Menyentuh Wajah

Hindari menyentuh wajah merupakan salah satu cara tangkal virus corona paling disarankan. Usahakan untuk tidak menyentuh area segitiga wajah seperti mata, mulut dan hidung. Sebab, virus bisa dengan sangat mudah masuk ke dalam tubuh melalui mata, mulut dan hidung.

Area ini memang lebih rentan tersentuh oleh tangan, baik sadar maupun tidak. Untuk itu, sangatlah penting bagi seseorang di tengah pandemi corona ini untuk menghindari menyentuh wajah. Sebab, hal ini bisa menjadi media penularan virus corona.

Gunakan Masker dengan Baik dan Benar

Cara tangkal virus corona selanjutnya yaitu gunakan masker saat keluar dari rumah. Bukan tanpa alasan yang tidak jelas. Masker dipercaya mampu menangkal masuknya virus ke dalam tubuh melalui mulut dan hidung. Namun perlu diingat, penggunaan masker tidak bisa menjamin kalian tidak terinfeksi virus corona 100%.

membuat masker

Kalian harus melakukan langkah-langkah lainnya untuk bisa maksimal terhindar dari virus corona. Baru-baru ini, pemerintah Indonesia telah mengeluarkan kebijakan di mana setiap orang wajib memakai masker. Baik itu yang sakit maupun tidak sakit. Hal ini sehubungan dengan lonjakan kasus pasien positif virus corona di Indonesia.

Buang dan Hancurkan Masker

Kemudian dilanjutkan dengan membuang masker sekali pakai. Pastikan sebelum membuang, masker telah dihancurkan terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak ada yang menyalah gunakan masker bekas tersebut.

Membuang dan menghancurkan masker juga masuk ke dalam salah satu cara mencegah virus corona di rumah. Akan tetapi, jika kalian menggunakan masker kain maka segera lepas dan cuci dengan sabun hingga bersih.

Hindari Perkumpulan Sosial

Pemerintah Indonesia bersama Kepolisian Republik Indonesia telah membuat peraturan terkait perkumpulan sosial. Di tengah pandemi corona, mereka memutuskan untuk menghentikan semua aktivitas keramaian.

muda perkumpulan indonesia berseru

Ini sebagai bentuk cara ampuh mencegah penyebaran virus corona. Tidak hanya di tempat umum, tindakan ini juga harus dilakukan di sejumlah tempat. Mulai dari gedung olahraga, tempat makan hingga tempat ibadah.

Hindari Berbagi Barang Pribadi

Telah dikatakan oleh sejumlah penelitian dan studi, virus corona mampu bertahan hidup di permukaan hingga beberapa hari.

Maka dari itu, sangat penting bagi seseorang untuk tidak berbagi barang pribadi dengan orang lain. Mulai dari peralatan makan, sedotan, handphone hingga sisir.

Mandi hingga Bersih

Mandi menjadi salah satu cara tangkal virus corona yang efektif. Polusi dan debu tentu saja banyak menempel di tubuh usai bepergian dan berada di luar rumah. Tidak menutup kemungkinan kuman virus juga menempel di tubuh.

air hangat

Untuk mengatasinya, bersihkan badan dari ujung kepala hingga ujung kaki. Kalian juga bisa menyiapkan handuk terlebih dahulu sebelum pergi, agar nantinya kuman dan bakteri tidak menempel di handuk.

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *