[HOAX] Seperti Inilah Bentuk Corona Yang Berhasil Difoto Dan Diperbesar Ilmuwan India

Bukan Bentuk corona yang difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India. Foto tersebut merupakan ilustrasi dari penyebaran bakteri dan virus saat berjabat tangan. foto serupa bisa ditemukan di website freeart.com.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

http://archive.md/mUFMX

======

[NARASI]:

Seperti inilah👇👇👇 bentuk corona yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India, jadi harus selalu cuci tangan atw pakai sanitizer klw nda sempat cuci tangan👍👍👍
Ngeri kali😭😭😭😭😭

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun facebook bernama Ayumuchan Ayumuchan Ayumuchan mengunggah sebuah gambar dimana terdapat foto orang berjabat tangan dipenuhi kuan dan handsanitizer.

Dalam narasinya akun tersebut mengklain bahwa foto itu merupakan bentuk virus corona yang berhasil di foto dan diperbesar oleh ilmuwan asal India.

Setelah ditelusuri menggunakan mesin pencarian, ditemukan foto serupa pada situs freeart.com dimana foto tersebut identik hanya saja pada situ freeart.com foto tersebut berwarna sedangkan yang diposting akun facebook Ayumuchan Ayumuchan Ayumuchan hitam putih.

Dalam keterangan foto di situs freeart.com ditulis bahwa ilusrasi ini adalah konsep penularan virus dan bakteri ketika orang berjabat tangan ketika seseorang tidak mencuci bersih tangannya. Tidak disebutkan secara spesifik foto tersebut adalah ilustrasi penyebaran virus covid-19.

Dilansir dari tempo.co, Sebuah lembaga yang menangani penyakit menular dan alergi yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan Amerika Serikat, National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) Integrated Research Facility (IRF), merilis hasil foto mikroskop wujud virus Corona SARS-CoV-2. Ciri khas pada wujud virus corona adalah paku-paku yang mengelilingi permukaan luarnya.

Berdarsakan penjelasan di atas, maka unggahan dari akun facebook Ayumuchan Ayumuchan Ayumuchan masuk ke dalam kategori konten Yang Menyesatkan, karena foto yang ia sebut sebagai bentuk virus corona yang berhasil difoto dan diperbesar oleh ilmuwan India saat orang berjabat tangan adalah ilustrasi.

======

REFERENSI:

https://www.freeart.com/artwork/art-print/infectious-diseases-spread_fa28216187.html

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4217132/cek-fakta-muncul-lagi-hoaks-foto-penampakan-bentuk-virus-covid-19

https://www.docnitinagrawal.com/services/infectious-communicable-diseases.php

https://video.tempo.co/read/19185/begini-bentuk-virus-corona-dilihat-dari-mikroskop

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *