Inilah 5 Bahaya, Jika Taruh HP di Sebelah Anda Saat Tidur

LABURA.NET – Di era digital ini, seluruh aktivitas manusia hampir bisa dilakukan melalui daring. Mulai dari berbelanja online hingga bekerja. Salah satu daring yang sering digunakan adalah ponsel.

Dengan memiliki kecanggihan yang serba bisa, ponsel pintar ini hampir tidak dapat terlepas dari genggaman. Dari mulai pagi hingga malam hari, orang selalu mengecek ponsel mereka.

Entah untuk bekerja hingga sekedar mengakses hiburan. Hal ini membuat ponsel hampir selalu diletakkan di tempat terdekat mungkin seperti di sebelah kepala saat tidur.

Tidak baik bagi kesehatan, berikut ulasan bahayanya:

Mengurangi Kemampuan Konsentrasi

9 penyebab insomnia dan gejalanya

Dilansir dari Hellosehat, meletakkan ponsel di sebelah saat tidur dapat mengurangi kemampuan konsentrasi. Menurut penelitian, sebanyak 63 persen mengatakan ponsel diletakkan tepat di sebelah kepala saat akan mulai beristirahat di malam hari.

Sebab, hal tersebut lantaran mudah untuk dijangkau apabila ponsel berdering.

Berdasarkan penelitian yang lebih lanjut, seluruh jenis ponsel dapat mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu berdampak serius pada otak.

Salah satu dampak yang dapat ditimbulkan adalah dapat mengurangi kemampuan konsentrasi ketika bekerja atau melakukan hal yang berkaitan dengan mengingat.

Gelombang radiasi elektromagnetik ini disinyalir dapat mengganggu aliran darah yang diarahkan ke otot-otot sehingga memungkinkan terjadinya penurunan konsentrasi di pagi hari.

Menyebabkan Kebakaran

005 hikmah wilda amalia

Bahaya selanjutnya yang timbul apabila menaruh ponsel di dekat kepala saat tidur adalah dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini diperparah dengan kondisi ponsel yang sedang tersambung dengan aliran listrik saat mengisi daya baterainya.

Sebab, ponsel dalam keadaan ini akan lebih rentan untuk terjadi peningkatan suhu. Apalagi, ponsel yang diletakkan di tempat tertutup dan tebal seperti bantal, selimut, dan kasur. Hal ini akan semakin meningkatkan risiko meledaknya ponsel secara tiba-tiba hingga kebakaran.

Menyebabkan Insomnia

9 penyebab insomnia dan gejalanya

Merujuk pada Liputan6, meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur dapat menyebabkan insomnia. Insomnia merupakan gangguan kesehatan yang membuat penderitanya mengalami kesulitan untuk tidur.

Penggunaan ponsel sebelum tidur membuat Anda untuk lebih sering meletakkan ponsel di dekat Anda. Padahal, ponsel dapat mengeluarkan cahaya biru yang tidak baik bagi kesehatan, terlebih ketika Anda akan beristirahat.

Penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru yang dihasilkan ponsel dapat menghambat produksi hormone melatonin yang berfungsi sebagai pengatur tidur. Hal ini kemudian akan berdampak pada ritme sirkadian pada tubuh.

Menyebabkan Gangguan Otak

010 tantri setyorini

Bahaya selanjutnya jika meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur adalah dapat menyebabkan gangguan otak. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, radiasi yang dihasilkan oleh ponsel dapat mempengaruhi susunan saraf tubuh hingga otak.

Seorang ilmuwan kesehatan juga menambahkan bahwa paparan radiasi yang dihasilkan ponsel dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel otak. Sel-sel otak yang rusak dapat membuat risiko terjangkit penyakit akan meningkat.

Hal tersebut kemudian dapat memicu gangguan kesehatan seperti kanker atau tumor. Gangguan tersebut dapat terjadi sebab otak adalah pusat pengendalian seluruh organ tubuh.

Bahaya ini disinyalir akan lebih parah apabila menyerang anak-anak. Sebab, kulit kepala dan tengkorak yang lebih tipis serta jaringan tubuhnya belum berfungsi dengan stabil dibandingkan orang dewasa.

Merusak Kualitas Tidur

015 siti rutmawati

Bahaya yang terakhir dari meletakkan ponsel di dekat kepala saat tidur adalah dapat merusak kualitas tidur. Seorang peneliti mengemukakan bahwa cahaya yang dihasilkan oleh ponsel saat digunakan dapat mengganggu ritme alami tubuh untuk tidur.

Sebab, sinar yang berasal dari ponsel tersebut dapat memanipulasi fungsi alami tubuh untuk tidur dengan menganggap bahwa cahaya itu adalah cahaya biasa dari matahari. Sehingga, tubuh akan merespon bahwa waktu tersebut masih siang.

Dengan menyebabkan disorientasi waktu tersebut, ada baiknya untuk mulai mempertimbangkan bahaya-bahaya dari penggunaan ponsel sebelum tidur dan meletakkannya di dekat Anda.

Tidak hanya menghasilkan dampak buruk bagi kesehatan, 5 bahaya meletakkan ponsel di dekat Anda saat tidur juga akan berdampak secara jangka panjang.

Saran

ilustrasi menggunakan ponsel

Agar dapat mencegah bahaya tersebut, maka beberapa tindakan dapat dilakukan dengan optimal. Beberapa saran yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Usahakan untuk tidak menggunakan ponsel minimal 1 jam sebelum Anda tidur.
  • Untuk mengoptimalkan tindakan pencegahan, Anda dapat mematikan ponsel hingga 2 jam sebelum Anda mulai beristirahat di siang atau malam hari.
  • Simpan ponsel di tempat yang cukup jauh dari area tidur sehingga Anda akan membuat jarak yang aman bagi kesehatan tubuh dan otak.
  • Mulai biasakan untuk tidak menggunakan ponsel di atas pukul 8 hingga 9 malam agar kualitas dan ritme tidur tetap terjaga.
  • Mulai kurangi untuk melakukan hal-hal yang tidak penting menggunakan ponsel.
  • Buat prioritas aplikasi sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Gunakan aplikasi pada ponsel secara bijak agar tidak terjadi ketergantungan untuk menggunakan ponsel.

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *