Jubir Gugus Tugas Sumut Beri Tips Pelaksanaan Ibadah saat Pandemi di Bulan Ramadan

LABURA.NET – Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Sumut, Whiko Irwan mengimbau langkah pelaksanaan ibadah di bulan Ramadan di tengah Pandemi Covid-19. Whiko mengingatkan bagi warga yang berada di zona merah, dianjurkan melaksanakan ibadah di rumah masing-masing.

Apabila pelaksanaan ibadah dilaksanakan di masjid yang berada di zona yang relatif aman, Whiko pun mengingatkan sejumlah langkah yang harus dilakukan pengurus masjid dan jemaah untuk mencegah penyebaran Covid-19. Salah satunya, karpet harus dibuka sehingga lantai dapat dibersihkan dengan air dan pembersih lantai setidaknya lima kali sehari.

Pengurus masjid juga diimbau menyediakan sabun. Jemaah dianjurkan mencuci tangan dengan sabun dengan air mengalir sebelum berwudhu. Jemaah pun disarankan membawa sajadah sendiri.

“Bagi jemaah yang sakit atau demam disarankan untuk beribadah di rumah masing-masing,” sebut Whiko.

Dia juga meminta jemaah harus tetap menggunakan masker. Setelah ibadah, diimbau untuk segera pulang.

“Bila akan melakukan iktikaf atau tadarus Alquran, agar menjaga jarak sesama jemaah minimal 2 meter,” imbau Whiko.

Sementara itu, Whiko mengatakan pasien positif Covid-19 di Sumut terus bertambah. Jumlahnya sudah mencapai 95 orang.

Jumlah 95 orang ini bertambah 2 orang dari data kemarin. Seluruhnya merupakan pasien yang dinyatakan positif melalui tes polymerase chain reaction (PCR). Selain itu masih ada pasien yang sudah dinyatakan positif melalui rapid test. Jumlahnya 18 orang.

Pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 152 orang. Sementara orang dalam pemantauan mencapai 2.181 orang. “Jumlah yang meninggal 11 orang, sedangkan pasien sembuh 22 orang,” ujar dia. (Yan Muhardiansyah)

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *