Lawan Virus, Ketahui 5 Kelemahan Corona Covid-19

LABURA.NET – Seluruh dunia sedang mengupayakan tindakan yang optimal guna mencegah laju penyebaran virus corona covid-19. Bahkan, para ahli dan peneliti di beberapa negara terus mengupayakan untuk menemukan vaksin yang dapat digunakan untuk membasmi virus corona.

Berbagai tindakan pencegahan terus diimbau oleh Pemerintah agar tetap dilakukan masyarakat. Mulai dari jaga jarak, bekerja dari rumah, hingga penggunaan masker.

Namun, ternyata terdapat beberapa kelemahan dari virus corona covid-19 yang dapat diketahui agar dapat disiasati guna terhindar dari infeksinya. Berikut merupakan 5 kelemahan dari virus corona:

Tidak Bertahan Hidup Lama di Permukaan

kerja

Kelemahan pertama dari virus corona covid-19 adalah ketidakmampuan virus untuk bertahan di permukaan benda. Meskipun dapat bertahan selama beberapa hari, namun seiring berjalannya waktu virus ini tidak cukup kuat untuk menginfeksi manusia.

Sehingga, beberapa peneliti dan pakar kesehatan tidak melarang usaha di bidang ekspedisi barang dan distribusi untuk beroperasi. Sebab, kemampuan bertahan hidup virus corona pada permukaan benda terbilang rendah.

Maka dari itu, risiko penularan infeksi dari virus corona covid-19 juga termasuk rendah. Hal ini juga berlaku pada pembungkus makanan.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa mungkin saja terdapat risiko penularan virus corona covid-19 melalui pembungkus makanan, namun risikonya juga sangatlah rendah.

Virus Mati Dengan Sabun dan Air Mengalir

cuci tangan

Kelemahan kedua yang dimiliki oleh virus corona adalah ketidakmampuan bertahan hidup setelah bersentuhan dengan senyawa kimia yang terkandung dalam sabun.

Dilansir dari Liputan6, kandungan senyawa sabun dapat menghancurkan tiga bagian dari virus corona yakni:

– DNA atau RNA yang menjadi inti dari virus
– Protein sebagai bahan untuk menggandakan diri
– Lapisan lemak sebagai pelindung luar dari selnya

Tiga bagian dari virus ini tidak terikat satu dengan yang lainnya. Maka saat senyawa sabun bertemu dengan lemak sebagai pelindung dari sel, virus corona tersebut akan mudah hancur dan mati.

Maka dari itu, seluruh pihak terkait terus mengimbau masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan tangan dengan rajin mencuci tangan. Mencuci tangan yang baik dan benar adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Mencuci tangan perlu dilakukan pada waktu-waktu yang penting seperti setelah beraktivitas, sebelum dan sesudah makan, serta sebelum dan sesudah buang air.

Dapat Dikalahkan Oleh Imun

ilustrasi olahraga

Kelemahan dari virus corona yang selanjutnya adalah dapat dikalahkan dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebab, tubuh manusia memiliki pertahanan diri yang cukup baik.

Kelemahan dari virus corona yang satu ini dibenarkan oleh penelitian yang dilakukan di Australia. Eksperimen dilakukan dengan pasien terinfeksi virus corona melalui pemantauan kadar imunitas yang dimilikinya.

Selain sel darah putih, tubuh manusia akan merespon patogen dan virus corona dengan memproduksi sel T sebagai pertahanan kuat terakhirnya. Jumlah dari sel T ini sendiri sangatlah banyak melalui proses menggandakan diri di dalam limpa.

Sel T sendiri dapat berfungsi dengan baik apabila tubuh memiliki gizi dan mineral yang seimbang. Oleh karena itu, inilah pentingnya untuk selalu mengonsumsi makanan sehat, menjaga kebersihan, serta rajin berolahraga.

Dengan begitu, sistem imun akan bekerja dengan baik untuk menangkal berbagai patogen termasuk virus corona covid-19.

Mudah Dibunuh dengan Disinfektan

ilustrasi spray

Virus corona memiliki kelemahan lainnya yakni mudah hancur jika bersinggungan dengan senyawa yang terdapat di cairan disinfektan.

Dilansir dari Dream, penelitian terkait menunjukkan bahwa virus corona dapat dibasmi dengan bahan disinfektan, yakni dengan alkohol sebanyak 60 hingga 70 persen, hidrogen peroksida 0.5 persen, ataupun senyawa sodium hipoklorit dengan kadar 0.1 persen dalam kurun waktu satu menit.

Maka dari itu, penyemprotan cairan disinfektan terus dilakukan oleh sejumlah pihak di tempat-tempat umum yang memiliki intensitas tinggi terhadap interaksi manusia.

Namun, penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa penyemprotan cairan disinfektan secara langsung pada tubuh manusia memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan kulit dan lain lain.

Untuk melakukan tindakan pencegahan yang optimal, Anda juga dapat membuat cairan disinfektan sendiri. Cairan disinfektan dapat dibuat dengan bahan-bahan ekonomis dan mudah ditemui di rumah Anda.

Semprotkan dua kali sehari yakni pagi dan sore hari pada permukaan benda yang sering tersentuh seperti gagang pintu, tombol lampu, toilet, dan lain sebagainya.

Lemah Terhadap Suhu Tinggi

ilustrasi panas ekstrim

Belum ada bukti cukup kuat yang menunjukkan bahwa virus corona covid-19 lemah pada suhu yang panas. Namun, virus penyebab SARS terbukti dapat terbunuh pada suhu tinggi yakni 56 derajat celcius.

Telah diketahui bersama, virus corona merupakan virus yang hampir sama dengan penyebab SARS dan MERS.

Maka dari itu, penelitian lebih lanjut terus dilakukan untuk mengetahui karakteristik dari virus corona yang membahayakan nyawa manusia.

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *