Manfaat Minum Air Putih saat Bangun Tidur, Ampuh Keluarkan Racun Tubuh

LABURA.NET – Sebagian besar kandungan di dalam tubuh manusia adalah cairan. Sebab dengan cairan, peredaran darah yang mengandung oksigen dan sari-sari makanan akan diedarkan ke seluruh tubuh.

Salah satu hal yang dapat membantu melancarkan peredaran darah adalah dengan minum air putih. Oleh karena itu, penting dan wajib agar selalu menjaga kesehatan dengan rutin minum air putih.

Kebutuhan air putih sebanyak 8 gelas setiap hari membuat tubuh wajib mengonsumsinya pada waktu-waktu tertentu seperti saat bangun tidur. Berikut rangkuman manfaat minum air putih pada saat bangun tidur:

Mengeluarkan Racun Dalam Tubuh

Dikutip dari Alodokter, manfaat pertama yang didapatkan dengan minum air putih setelah bangun tidur adalah membantu mengeluarkan zat-zat racun yang ada di dalam tubuh.

Sisa metabolisme tubuh pada saat tidur di malam hari dianggap oleh ginjal sebagai racun yang perlu dikeluarkan melalui proses sekresi yang berakhir pada produksi urine.

Dengan mengonsumsi air putih setelah bangun tidur, maka Anda akan mempermudah proses sekresi yang terdapat di organ ginjal.

Meningkatkan Produktivitas

Mengonsumsi air putih setelah bangun tidur membuat tubuh dan pikiran menjadi segar sehingga dapat memicu peningkatan hormon bahagia. Apabila pikiran dan tubuh sudah terkondisikan dengan baik, maka energi Anda untuk beraktivitas seharian menjadi lebih meningkat.

Dengan mendapatkan banyak energi di pagi hari, maka Anda dapat lebih produktif. Jaga selalu konsentrasi dan produktivitas Anda dengan tetap minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Konsumsi air putih setelah bangun tidur akan membuat tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Dengan terhidrasinya tubuh dengan baik, maka kulit juga akan terjaga kelembabannya.

Kulit yang selalu tampak lembab dan tidak kering akan jauh dari masalah kesehatan kulit seperti kusam, penuaan dini, dan lai sebagainya.

Oleh karena itu, selalu penuhi kebutuhan air putih pada tubuh untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur dianggap memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan. Sebab, dengan terpenuhinya kebutuhan air putih di pagi hari akan meningkatkan sistem metabolism tubuh serta membakar kalori yang menumpuk.

Untuk mendapatkan berat badan yang ideal di rentang usia Anda, tambahkan pula aktivitas fisik seperti olahraga ringan ke dalam rutinitas.

Mengendalikan Nafsu Makan

Dikutip pada Alodokter, minum air putih setelah bangun tidur diklaim dapat mengendalikan nafsu makan di pagi hari. Sebab, lambung yang kosong selama tidur akan memicu rasa lapar yang cukup tinggi di pagi hari.

Dengan mengonsumsi air putih setelah bangun, maka air putih akan mengisi lambung serta meregangkan dinding lambung yang memicu rasa lapar. Sehingga, air putih yang masuk tersebut dapat menimbulkan efek kenyang yang relatif lebih lama

Mencegah Gangguan Pencernaan

Dikutip dari Fimela, dengan minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat untuk mencegah gangguan pencernaan. Sebab, air putih yang masuk ke dalam tubuh dapat membersihkan asam makanan dari kerongkongan yang dihasilkan pada saat tidur di malam hari.

Asam inilah yang kemudian dapat memicu gangguan pencernaan apabila tidak secara rutin dibersihkan dalam jangka waktu yang lama. Gangguan pencernaan yang dapat terjadi apabila tubuh kekurangan air putih adalah muntah, gastritis, sembelit, dan lain-lainnya.

Mencegah Batu Ginjal

Air putih adalah kunci dari kelancaran sistem sekresi dan metabolisme tubuh. Air putih berguna untuk menipiskan zat dalam urine yang berpotensi menjadi penyakit batu ginjal.

Dengan minum air putih setelah bangun, maka Anda akan membantu kerja organ ginjal akan tetap berfungsi dengan baik serta meminimalisir risiko terkena gangguan kesehatan seperti batu ginjal dan lain sebagainya.

Mengurangi Sakit Kepala

Penyebab sakit kepala yang sering dirasakan, salah satunya adalah dehidrasi. Sebab, pembuluh darah yang akan menyuplai oksigen ke otak akan selalu membutuhkan cairan yang salah satunya diperoleh dari air putih. Apabila aliran darah di dalam tubuh tersebut tidak lancar, lalu akan menimbulkan sakit kepala.

Minum air putih di pagi hari setelah bangun tidur adalah langkah wajib yang patut dicoba untuk mengurangi sakit kepala agar tidak menjadi semakin parah.

Menjadi Kebiasaan Baik

Dengan rutin minum air putih setelah bangun tidur akan membuat Anda memiliki kebiasaan yang lebih baik. Sebab, sebelum memulai aktivitas, Anda telah mendapatkan energi positif dan tubuh yang segar setelah mengonsumsi air putih.

Adanya energi positif ini akan membuat Anda lebih produktif dan bersemangat untuk melakukan hal-hal baik. Dengan begitu, akan lebih banyak kegiatan positif yang menjadi kebiasaan baik Anda setiap hari.

Mengurangi Risiko Hipertensi dan Serangan Jantung

Dikutip dari Liputan6, minum air putih setelah bangun tidur dapat menurunkan risiko hipertensi dan gejala serangan jantung. Sebab, aliran pembuluh darah menjadi lebih lancar.

Diketahui sebelumnya bahwa hipertensi dan serangan jantung terjadi ketika pembuluh darah tidak lancar dalam mengedarkan darah. Hal tersebut disebabkan beberapa hal seperti penumpukan kolesterol, zat nikotin, dan lain sebagainya.

Reporter : Mutia Anggraini

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *