Data IDI, 16 Dokter di Sumut Meninggal Dunia akibat Corona

LABURA.NET – Pahlawan kesehatan terus berguguran akibat terpapar Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut). Total saat ini sudah 16 dokter yang meninggal dunia.

“Data Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pusat, tercatat ada 16 dokter yang meninggal dunia terkait paparan Covid-19,” ujar Juru bicara Gugus Tugas Pecepatan Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah, Jumat (4/9/2020).

Menurutnya, mereka yang meninggal ini terdiri atas dokter umum dan spesialis di enam kabupaten kota di Sumut. Yakni berasal dari Kota Medan, Pematangsiantar, Labuhanbatu Utara, Kisaran, Deliserdang dan Padangsidimpuan.

Dokter yang meninggal dengan status Covid-19 ini berdasarkan hasil pemeriksaan polymerase chain reaction (PCR). Dua nama terakhir yakni Dokter Daud Ginting dan Edwin Marpaung.

“Kami turut berduka cita yang sedalam-dalamnya atas wafatnya pahlawan kesehatan, Dokter Daud Ginting spesialis penyakit dalam dan Dokter Edwin Marpaung spesialis ortopedi konsultan. Semoga amal ibadah mereka diterima Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan, ketabahan,” katanya.

Dia mengajak warga agar bersama-sama menjaga para tenaga medis dari paparan Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan. Selain itu melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko terpapar.

Banyaknya jumlah dokter yang gugur akibat Covid-19 berdampak pada pelayanan pasien di rumah sakit tempat mereka bertugas. Karena itu dia juga mengingatkan agar para tenaga kesehatan dapat beristirahat yang cukup setelah menangani pasien dan melakukan isolasi mandiri setelah dua minggu bekerja.(adm)

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *