KPU Sumut Imbau Pasangan Calon Kampanye Virtual

LABURA.NET – Komisi Pemilihan Umum Sumatera Utara (KPU Sumut) mendorong pasangan calon dengan partai pendukung untuk melakukan sosialisasi dan kampanye secara virtual. Upaya ini lebih strategis dilakukan seluruh pasangan calon untuk mengantisipasi penularan di tengah pandemi Covid-19.

Ketua KPU Sumut, Herdensi Adnin mengatakan, pihaknya masih menunggu kebijakan dari KPU Pusat bila mengeluarkan aturan baru bagi setiap pasangan calon yang bertarung dalam kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) tersebut.

“Sampai saat ini, belum ada aturan baru untuk pasangan calon yang akan melakukan kampanye Pilkada 2020. Namun, kita meminta kesadaran pasangan calon maupun partai pendukung untuk melakukan pembatasan. Hindari melakukan sosialisasi dan kampanye yang memicu kerumunan massa,” ujar Herdensi, Jumat (11/9/2020).

Herdensi mengharapkan, pasangan calon untuk bisa melihat kapasitas ruangan bila melakukan pertemuan di ruang tertutup saat melakukan sosialisasi. Dalam melakukan pertemuan, pasangan calon diminta mengutamakan protokol kesehatan saat pandemi tersebut.

“Jika kapasitas dalam ruangan untuk 100 orang maka harus dikurangi menjadi 50 orang. Sehingga, ada jarak dari orang yang mengikuti acara sosialisasi itu. Begitu juga dengan kampanye, pasangan calon dan partai pendukung harus bisa meminimalisir massa supaya tidak melakukan kerumunan,” sebutnya.

Untuk wilayah Sumut, sebanyak 23 daerah dari 33 kabupaten/kota yang akan menyelenggarakan kan pilkada serentak. Daerah yang melaksanakan pilkada adalah Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Tanjungbalai, Sibolga dan Gunungsitoli.

Selain itu, Kabupaten Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Karo, Pakpak Bharat, Labuhan Batu, Labuhanbatu Utara, Labuhanbatu Selatan, Samosir, Humbahas, Mandailing Natal, Tapanuli Selatan, Nias, Nias Utara, Nias Barat dan Nias Selatan.(BeritaSatu.com)

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *