KRONOLOGI RM SEBELUM DITANGKAP HINGGA AKHIRNYA DIAUTOPSI DAN DIKEMBALIKAN KEPADA KELUARGA UNTUK DIMAKAMKAN

LABURA.NET – Warga blokade Jalan Lintas Sumatera di Kel. Guntingsaga Kec. Kualuh Selatan sebagai aksi protes atas meninggalnya salah satu terduga pelaku yang bernama Rahman Marpaung (RM).

Penangkapan RM oleh Polsek Kualuh Hulu

Menurut informasi yang dihimpun di lapangan bahwa sebelumnya, pada hari Rabu tanggal 23 September 2020 sekitar Pukul 22.00 WIB Kanit Reskrim Polsek Kualuh Hulu Ipda Eko Sanjaya memberikan perintah kepada unit Reskrim untuk menindak pelaku-pelaku kejahatan jalanan.

Kemudian anggota Unit Reskrim an. Aipda.T.A Sinaga dan Bripka Rajinsyah Siregar melaksanakan Patroli disekitaran Jalinsum Perkebunan Membang Muda dan mengamankan 2 (dua) orang pelaku yang sedang memeras sopir truck di Jalinsum Membang Muda Desa Perkebunan Membang Muda Kec. Kualuh Hulu Kab. Labura yang diketahui bernama Rahman Marpaung dan Awi warga Kel. Gunting Saga Kec. Kualuh Selatan Kab. Labura.

Baca:
REBUT SENJATA, PELAKU PUNGLI TEMBAK POLISI LABUHANBATU UTARA.

Sewaktu diamankan, saat itu juga kedua pelaku meronta-ronta dan Pelaku Rahman Marpaung merampas senjata Revolper milik Aipda T.A. SINAGA, melihat hal ini Bripka Rajinsyah Siregar membantu Aipda T.A. Sinaga kemudian pelaku menembak dan mengenai perut Bripka Rajinsyah Siregar selanjutnya kedua pelaku berhasil melarikan diri.

kapolres deni polsek kualuh hulu
Kapolres Labuhanbatu Deni Kurniawan Memberikan Penjelasan Kepada Awak Media di Polsek Kualuh Hulu, Aek Kanopan.

Kapolres Labuhanbatu AKBP Deni Kurniawan mengatakan kepada media, bahwa Kondisi Bripka Rajinsyah Siregar dalam kondisi sadar, namun proyektil masih di bagian perut dan telah dilakukan pertolongan awal oleh tim medis RSUD Aek Kanopan, pada hari Kamis tanggal 24 September 2020 kemudian dirujuk ke RS Bhayangkara Medan.

“Telah dilakukan operasi pertama, pengangkatan usus yang rusak dan mungkin operasi kedua  pengangkatan peroyektil,” ungkapnya.

Hari Jum’at tanggal 25 September 2020 sekira pukul 12.00 WIB beredar video bahwasanya terduga pelaku an. Rahman Marpaung ditangkap di wilayah Polres Tapanuli Utara. 

RM Kembali Ditangkap Kemudian Meninggal Dunia

Terkait wafatnya Rahman Marpaung,
Kapolres labuhan batu AKBP Deni Kurniawan didampingi Kapolsek Kualuh hulu, dikonfirmasi pewarta, Sabtu (26/9) di Mapolsek Kualuh Hulu mengatakan almarhum ditangkap di Kecamatan Siborong-borong, kemudian dibawa ke Aek Kanopan.

Selama perjalanan dalam mobil menuju Aek kanopan, sebelah tangan Rahman digandengankan dengan tangan anggota Polisi. Ditengah perjalan Rahman meronta melakukan perlawanan, yang membuat petugas mengambil tindakan tegas dengan menembak paha sebelah kanan, hal tersebut dilakukan demi keamanan.

Namun karena perjalanan sangat jauh menuju Rumah sakit sehingga Almarhum meninggal dalam perjalanan ucap Kapolres AKBP Deni Kurniawan.

Baca:
JALINSUM KUALUH SELATAN MACET TOTAL DI BLOKIR WARGA

Kening Marpaung (Kakak Almarhum) kepada wartawan mengatakan Pada hari Sabtu tanggal 26 September 2020 Pukul 08.00 WIB pihak keluarga mendapat kabar bahwasanya Rahman Marpaung sudah meninggal dunia, dan akan diantar menuju rumah duka di Kel. Gunting Saga Kec. Kualuh Selatan Kab. Labura.

Sekitar Pukul 10.00 WIB Personel Polsek Kualuh Hulu dipimpin. Kanit Binmas Iptu Pol. Muzakir tiba di rumah duka dengan mobil jenazah yang membawa alm. Rahman Marpaung.

Pihak keluarga tidak terima dengan kedatangan jenazah alm. Rahman Marpaung yang karena sehari sebelumnya dari video yang beredar masih hidup dan diwawancarai oleh polisi di daerah Siborong-borong.

Kakak Almarhum memberi keterangan mengenai identitas. Arahman Marpaung  (panggilan Rahman), Umur 25 tahun, Agama Islam, Alamat Lingkungan II Palang Kel. Gunting Saga Kec. Kualuh Selatan Kab. Labura.

Bupati Labura: Ini Negara Hukum, Kita Harus Membela Rakyat.

Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara, H. Kharuddin Syah, SE akan meminta surat jalan kepada Polsek Aek Kanopan, agar almarhum bisa dibawa ke Pematang Siantar untuk di Autopsi. Bapak Bupati juga mengatakan akan menanggung biaya autopsi terhadap jenazah almarhum.” Ujarnya.

Sebelumnya, Sabtu (26/09), pemblokiran jalan yang dilakukan warga telah dibuka oleh Bupati dan masyarakat, sehingga arus lalu lintas kembali normal.

Setelah Diautopsi, Diserahkan Ke Pihak Keluarga dan Dimakamkan.

Jenazah diterima keluarga subuh (27/9/2020), dan warga juga terlihat ramai ikut melakukan sholat untuk Almarhum.

Setelah jenazah selesai diautopsi di Rumah Sakit Djasamen Saragih, kemudian dibawa kembali ke rumah duka.

Kapolres AKBP DENI KURNIAWAN dan DANDIM Labuhanbatu hadir melayat ke rumah duka Almarhum RM, selanjutnya dibawa untuk dimakamkan di Pemakaman keluarga di Dusun II kelurahan Guntingsaga pada pukul 10.00 WIB.

Tampak hadir di sekitar rumah duka, personil Brimob diturunkan 200 orang dan 150 anggota kepolisian Labuhanbatu bersiaga di jalan Raya Jalinsum.

(T. Simo)

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *