Kura-kura Raksasa Seberat 85 Kilogram Ditemukan di Labura

LABURA.NET – Seekor kura ukuran besar ditemukan di aliran Sungai Kualuh di Dusun Batu Juguk, Desa Kuala Beringin, Kecamatan Kualuh Hulu, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura), Sumatera Utara (Sumut). Penemuan kura – kura raksasa dengan berat sekitar 85 kilogram (kg) ini pun heboh di media sosial (medsos).

Kepala Seksi Konservasi Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumut Wilayah III Kisaran, Alfianto Luat Siregar mengatakan, hewan yang ditemukan warga itu bukan termasuk satwa dilindungi. Namun warga patut untuk menjaga habitat hewan di sekitar Sungai Kualuh tersebut.

“Habitat kura – kura ini patut dijaga, sehingga bisa terus berkembang. Sehingga, ekosistem dan keleatariannya bisa terus terjaga. Hewan yang ditemukan ini sejenis Amyda Cartalygena, jika berkembang mempunyai daya tarik tersendiri untuk desa itu,” ujar Alfianto Luat Siregar, Jumat (4/9/2020).

Menurut Asinah Hutajulu (45), salah seorang warga di Kualuh Hulu, Labuhan Batu Utara, kura – kura dengan ukuran lebih besar dari yang ditemukan, masih banyak di Sungai Kualuh Hulu. Hewan itu sering terlihat di daerah aliran pinggiran sungai. Masyarakat mengaku tidak terkejut atas temuan kura – kura ukuran besar itu.

“Kura – kura dengan ukuran lebih besar dengan berat lebih dari 100 kg juga pernah ditemukan. Warga desa langsung menangkap namun melepaskannya kembali ke sungai. Kura – kura ini muncul ke permukaan saat kondisi aliran air sungai tenang. Mungkin muncul untuk mencari makan,” katanya.

Secara terpisah, petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumut masih melakukan pencarian terhadap buaya yang muncul di permukaan Sungai Deli di kawasan Delitua, Kabupaten Deli Serdang, baru – baru ini.

Kepala Bagian Tata Usaha BKSDA Sumut, Teguh Setiawan menyebutkan, pihaknya masih mencari buaya yang menghebohkan media sosial tersebut. Media sosial heboh setelah postingan Bang Raditya melalui akun Facebook pada akhir September 2020 kemarin.

“Petugas sudah 3 hari berada di lokasi kemunculan buaya dengan panjang lebih dari satu meter tersebut. Setelah kejadian, buaya itu sepertinya tidak pernah lagi muncul di permukaan. Petugas kita masih memantau Sungai Deli untuk mengantisipasi kemunculan buaya itu,” sebutnya.

Sumber : Beritasatu.com

Portal Berita dan Informasi Labura

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *